Hidup adalah..

"Pesan yang akan Papa sampaikan adalah sebuah pesan biasa yang kamu pasti juga akan dapat ketika kamu membaca buku-bukumu itu. Hidup adalah sebuah perjuangan, Nak. Maka jangan menyerah hanya karena kamu jatuh dan berada dibawah. Tapi tetep berusaha sebaik mungkin, maka kamu tidak akan sia-sia dan akan hidup jauh lebih baik dari yang telah Papa capai sekarang." - Poedji Santoso

Senin, 19 Januari 2015

Magang di BNN Lido



Balai Besar BNN Lido
Kesempatan kali ini, mau nyeritain pengalaman magang yang amat sangat luar biasa yang buat gue punya pengetahuan yang mahal banget dan jarang orang bisa dapet kesempatan ini. Program magang ini dikampus sebenarnya engga penting-penting banget. Gak masuk sks, gak ada nilainya, gak ada hubungannya dengan nilai di siakad. Tapi, sangat berguna sebagai syarat kelulusan atau pengajuan skripsi dan untuk mendapatkan pengalaman berharga dalam bidang pekerjaan.

Sempat khawatir dengan penempatan magang. Jujur aja, magang dikampus gue itu bisa sikut-sikutan (eh tapi kayaknya semua univ begitu deh). Udah kayak mau nyari kerja. Apalagi ada yang udah tag-in tempat terus diserobot sama yang lain tanpa ijin. Ada juga yang apply diem-diem dan gak mau orang tau dia udah apply. Ada juga yang ngomongnya apply kemana, tapi bohong. Hmm.. jadi kebayang gimana kalo beneran nyari kerja. Gimana susahnya, gimana sikut-sikutannya, gimana usahanya, gimana linknya, gimana pembawaan masing-masing diri, dan lain-lain. Tapi, yang buat gue mantep dengan magang ini adalah gue udah punya tujuan pasti dan satu. Mau magang di Badan Narkotika Nasional (BNN). Gimana caranya, kesana aja dulu, keterima atau engga yah urusan belakangan. Jalan teros…..

Walau sempet kelabakan juga dengan kabar yang simpang siur dari pihak BNN, akhirnya dapet hal positif juga. Gue sih mengandalkan link memang dalam memasukan cv gue ke BNN. Alhamdulillahnya, link gue ini langsung ke tempat yang tepat. Wakil kepala TU yang emang ngurus bidang surat keluar dan masuk. Setelah di acc sama pihak BNN Cawang (pusat), gue dipanggil lah sama kenalan gue ini ke Cawang. Tadinya, gue emang mau masuk ke bagian BNN yang dikantor Cawang. Udah ketemu sama direktur bagian Rehabilitasi segala, dr. Budyo, sampe diajak makan siang dan ngobrol-ngobrol soal narkoba yang pada saat itu gue gak paham sama sekali dengan gimana mekanisme kerjanya. Sampe diajak karaoke juga, dll. Hahaha makin gak jelas gue rasa. Dengan pengalaman dan pengetahuan gue akan narkoba yang masih minim, buat gue agak takut setelah pertemuan dengan dr. Budyo itu.

Setelah itu, gue ketemu sama Mas Tri. Dia yang tadinya bakalan jadi mentor gue selama gue magang di BNN Cawang. Ternyata setalah sharing dengan dia, gue dapet pencerahan lagi. Dia bilang kalo ilmu yang bakalan banyak didapet itu yah kalo magang di BNN Lido. Setelah dengan pertimbangan masak-masak, gue mengiyakan untuk pindah ke Lido.

Assesmen Residen di Ruang Detox
Selama 40 hari kerja, pp Depok-Lido pake bis BNN. Enak banget dan gratis. Bisa bobo nyenyak. Bisa ngobrol banyak sama pegawai BNN yang asik-asik dan tau gimana kerjaan mereka karena banyak juga yang curhat di bis. Ngerasain balik sampe malem banget dan kejebak macet yang SELALU dialamin sama pegawai BNN. Sayang gue gak ngerasain naik angkot selama disana. Karena rumah gue di Depok. Gue bisa minta sama supirnya buat jemput dan berenti di Cibubur Junction.Gak jauh dari rumah dan ternyata banyak juga pegawai BNN yang turun disana. Anak magang ikut ajaaa haha

Kerjaannya so far enak banget. Kenalan dengan residen dan meng-assesment mereka dan banyak sharing dengan mereka itu yang berguna nanti kalo skripsinya kualitatif dan menjadi psikolog yang emang ngebantu memecahkan masalah. Banyak dapet alat tes yang dipake dalam dunia klinis dan pekerjaan. 

Psikologi di BNN Lido bukan cuman ngetes residen aja, secara berkala juga mengadakan psikotes buat pegawai atau ex-residen yang mau jadi pegawai honorer. Banyak sekali cerita mengharukan selama berkenalan dengan residen disana. Jadi lebih banyak bersyukur masih diberikan keluarga yang lengkap dan bahagia kayak sekarang. Bersyukur juga masih diberikan akal sehat untuk gak terjerumus kearah sana. Selain itu juga belajar banyak tentang bagaimana melihat manipulasi residen dengan tujuan bisa pulang dan keluar dari rehabilitasi. Pengetahuan tentang gesture tubuh dan hal-hal perilaku akan lebih dipertajam begitu magang disini.

Psikotes Ex-Residen
Yang membahagiakan lagi adalah, gue jadi kenal baik dengan pegawai psikologi BNN. Dapet kenalan yang sungguh berharga hehe. Mbak Vinna, Mbak Widi, Mbak Indah, Mbak Nita, Mbak Fika, Mbak Valen, Mas Anto, Mas Rizal dan Mas Slamet. Mereka bisa jadi teman yang baik dalam sharing masalah psikologi dan masalah ngadepin residen.

Ternyata kebahagiaan gue gak sampe situ aja. Udara di BNN itu endees beneerr. Tiap dateng kekantor, disambut sama udara seger. Pemandangan gunung, alam, desa setempat dan selalu banyak pohon. BNN Lido diapit sama 2 gunung, Gn Salak dan Gn. Gede-Pangrango. Uwedan!! Jarang-jarang kan kerja sambil liat-liat gunung. Gue juga sempet ngerasain bahagianya tinggal di Lido beberapa hari dan pagi-pagi ngirup udara pegunungan yang enak banget. Makanan dikantinya juga murah, walau yah sederhana sih. Maklum aja kan disana cuman ada 1 kantin aja dan rebutan buat berapa ratus karyawan, pasti juga bakalan repot gimana masaknya.

Kegiatan selama disana itu banyak yang gue lakuin. Antara lain, psikotes, asesmen residen, ikut inform consent, jadi pembicara seminar kecil di House female, main games sama residen, dan ikut acara maulid nabi di sana dan yang paling berkesan juga bisa menyaksikan kegiatan HANI (Hari Anti Narkona Internasional). Selama disana juga diajak makan bareng juga sama Mas Anto dan Mbak Vinna di Saung Pe’ed. Yummy banget makanan disitu :9.

Pengalaman magang di BNN Lido itu salah satu pengalaman yang paling engga bakalan gue lupain. Karena emang berkesan banget. Keinginan yang lain sih, pengen magang di perusahaan dan yang hectic gitu selama liburan ini. Tapi, fokus skripsi dulu aja deh..

Gunung Salak, view from Helipad BNN, Lido.
Bis BNN, setia mengantar!

Thankyou, BNN Lido dengan segala pembelajarannya, Pegawai dan Residennya!

37 komentar:

  1. salam mbak mei, saya mahasiswa dati solo yang masih mencari tempat untuk referensi magang, kebetulan bnn adalah salah satu pertimbangan saya.. tapi tidak kepikiran kalau magang disana itu susah, ada saran mbak supaya cv saya bisa diterima?

    ini email saya intanmuninggar@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga Mbak Intan di Solo.
      BNN memang salah satu sarana magang yang banyak memberikan ilmu bermanfaat yah terutama dibidang psikologi dan medis baik perawat atau pekerja sosial.

      Setahu saya, sebenarnya banyak sekali antrian mahasiswa baik S1 atau S2 yang ingin magang. Alasan yang diberikan sangat banyak, entah hanya praktek kerja psikologi atau kepentingan tugas, skripsi atau tesis. Selain itu masuk disana emang sangat ketak seleksinya. Kebanyakan didahulukan yang memang kepentingan tugas akhir dan yang ada feedbacknya terhadap BNN.
      Untuk masalah CV yang seperti apa yang akan diterima, sebenarnya bukan kewenangan pegawai biro psikologi dan sayapun jujur saja tidak mengetahuinya, tetapi ada bagian lain yang memang mengurus urusan magang ini. Sebelum saya magang di biro psikologi saya diberikan kontak pegawai BNN yang mengurus orang luar yang ingin belajar dan selebihnya ditempatnya di bagian yang memang mau kita tuju. Apabila dibagian yang kita tuju sedang banyak orang atau memang sedanf banyak sekali pekerjaan sehingga tidak bisa diganggu oleh anak magang, maka bisa saja tidak diijinkan untuk orang lain magang disana.
      Lebih tepatnya semua sesuai kebutuhan dan kelowongan pegawainya.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Boleh saya ikut share juga? saya juga pernah magang di BNN tahun 2014. Saat itu saya magang dalam rangka syarat untuk salah satu laporan magang sebagai mahasiswa S2 jurusan Psikologi selama satu bulan penuh. saya sampai menginap disana selama sebulan di Guest House nya BNN. Saya membaca blog mba ini, membuat saya ingat kenangan disana. Saya juga jadi kenal baik dengan staf psikologi disana, Mba Valen, Mba Fika, Mba Vina, Mas Rizal, mas Slamet terutama dengan Mba Nita saya kenal dekat. tidak hanya dengan para staf psikologi disana, tetapi juga para konselor disana yang sangat-sangat membantu saya untuk mendapatkan data-data residen. Dan untuk para residen, mereka benar-benar luar biasa! Sejak magang disana, sampai saat ini bahkan ada yang sampai saat ini masih kontak dengan mereka para residennya. Sungguh, disana saya benar-benar dapat pelajaran berharga.

    Saya menginap disana, sebulan penuh di mulai dari jam 8 pagi saat mereka morning meeting sampai jam 10 malam (Wrap up). Itu yang membuat saya dekat dengan mereka semua. Pokoknya, tidak akan pernah saya lupakan magang disana. luar biasa..

    Btw, maaf yaa kalo kepanjangan. karena saya cuma teringat dan ingin share aja pengalaman aku magang disana. salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Conan!
      Ngomong-ngomong siapa yah nama aslinya. Salam kenal :)

      Maaf banget saya baru aktif lagi di blog, ternyata banyak yang baca yah. Terharu.

      Amat sangat berkesan magang disana. Staff biro psikologinya memang baik2 sekali. Kekeluargaan.

      Kalau magangnya disana tahun 2014, bisa jadi kita pernah bertemu yah.

      Hapus
  4. Balasan
    1. Halo, Ariss.
      Maaf saya baru balas komentar ini.

      Maksudnya magang residentsial?? Saya takut salah maksud nihh hehehe


      Yang jelas, setau saya magang disana harus ada tujuan pendidikan, penelitian, dan urusan keilmuan. Bukan hanya sekedar bantu2..
      Atau yah, yang seperti itu :D

      Hapus
  5. Maaf mbak kalo saya mahasiswa fakultas hukum kira2 bisa juga gak ya magang di bnn? Makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa, yah mbak/mas.
      Tapi bukan di Lido.
      Bisa jadi di Cawang dan dibagian kepolisian BNN. Itu juga kalau diperbolehkan :D

      Cuman sejujurnya saya kurang paham terkait dengan jurusan hukum :)

      Hapus
  6. Maaf mbak kalo saya mahasiswa fakultas hukum kira2 bisa juga gak ya magang di bnn? Makasih infonya

    BalasHapus
  7. Mbak mau tanya tanya boleh, pengambilan data banyak yang di rahasiakan? Tidak bisa di publik, bukan begitu?

    BalasHapus
  8. Mbak mau tanya tanya boleh, pengambilan data banyak yang di rahasiakan? Tidak bisa di publik, bukan begitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali. Pengambilan data pastinya di rahasiakan. Biasanya bisa menggunakan inisial atau sama sekali tidak di infokan namanya siapa.

      Identitas bisa diganti dengan koding atau cukup dengan usia atau jenis kelamin.

      Karena sebenarnya untuk penelitian dengan beberapa tema yang sensitif (termasuk residen), memang sebaiknya di rahasiakan. Sudah komitmen BNN juga untuk melakukan hal itu.

      Hapus
  9. Mbak, apakah kalo S1 psikologi bisa mengajukan magang ke BNN Lido? Dan apabila iya, biasanya posisi yang ditawarkan apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, S1 psikologi yang sudah lulus atau hanya PKL atau magang??

      Kalo magang, PKL dan pengambilan data sih bisa. Apalagi mereka amat sangat welcome. Asal nanti mereka juga diberikan laporan hasil dari penelitian yang sudah dibuat oleh peneliti.

      Cuman kalo lulusan S1 psikologi, magang disana, kurang tau juga yah. Kebanyakan sih disana yah emang yang PNS psikologi atau CPNS psikologi (untuk bagian biro psikologi) yang dalam tahap masa awal sebelum pelantikan.

      Mungkin sekarang bisa yah.
      Mohon maaf belum bisa kasih info update :D

      Hapus
    2. S1 psikologi yang belum lulus sih mbak dan tujuannya magang. hehe.
      sebelumnya terimakasih banyak mbak infonya

      Hapus
  10. Haloo kak boleh tanya ngga.. selama magang disana, sebagai anak magang tuh "jam kerja"nya dari jam berapa sampai jam berapa ya kak? Apakah full day? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Nana,

      Sepengalaman saya dulu selama magang di BNN Lido, jam kerjanya anak magang dan staff BNN-nya sendiri sama aja. Gak ada yang dibedakan.
      Mengikuti ketentuan seperti pegawai biasa aja sih.

      Hapus
  11. Mbak, bisakah saya minta kontak emailnya untuk info lebih lanjut mengenai magang di BNN?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan saya tidak via email untuk awal pengajuan magang. Jadi bisa datang langsung ke BNN Cawang saja yah. Lagian di khawatirkan kalau via email akan lama responnya.

      Mohon maaf tidak bisa membantu untuk alamat emailnya.

      Hapus
  12. Halo, salam kenal saya reka. Saya lgi PKL di BNNP dan dikasi waktu dua minggu. Saya masih bingung dengan judul pkl saya karna kegiatan disini belum begitu aktif. Aktif nya selesai saya magang. Boleh bantu saya untuk masalah judul dan solusi dari masalah tsb 😩😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Reka...
      Maafkan slow respon banget.

      Diharapkan sudah menemukan kasusnya dan berjalan dengan lancar yah. Amin.

      Hapus
  13. Kak aku mau tanya dong jad di BNN Lido itu magang dikasih waktu 40 hari atau bisa lebih? Soalnya di kampus aku sendiri magang min 3 bulan,makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama saya disana, pada awal meminta ijin untuk magang memang sudah informasi juga ke pihak BNN untuk berapa lama masa magangnya. Saya juga 40 hari dan full disana membantu rekan-rekan Psikolog disana.
      Mungkin, bisa ditanyakan lebih dahulu. Siapa tau untuk sekarang ada perubahan dalam penerapan kebijakan magang dari BNN Lido/ Cawang.

      Semoga membantu ya :)

      Hapus
  14. Mba,...salam kenal
    Saya sdh lulus S1, mau lanjut bS2 lagi cari topik thesis untuk syarat USM.Universitas,...
    Gimana caranya mau ke BNN,..saya pengen ambil thesis disana jadi butuh magang untuk mencari masalah2'yg ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Nur Chayati.
      Salam kenal ya.
      Maaf saya baru balas :')

      Hapus
  15. halo salam kenal mba. saya mahasiswa s1 psikologi sedang mengajukan magang di bnn. kalau mba sendiri waktu itu magangnya di bagian apa mba?

    BalasHapus
  16. kak, kalo mengajukan magang bnn pusat emang lama ya di balesnya? saya sudah kirim berkas hardcopy sama email dr awal oktober sampe sekarang belum di balas. mohon arahannya kak makasih,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ridha, maaf yah saya baru balas komentarnya..
      Memang lama untuk di follow up. Setahu saya, disana juga di saring lagi untuk anak2 yang magang untuk kepentingan apa. Karena banyak banget yang apply magang disana tapi kuota anak magangnya gak banyak.

      Sebelumnya kirim apply magangnya kemana? Lgsg ke Lido?

      Hapus
  17. Hallo kak, mau tanya dong kalau BIOTEKNOLOGI bisa PKL disana nggak ya kak ? Dan mau tanya cara kakak mendaftar PKL disana gimana ya kak ? Makasihh

    BalasHapus
  18. Kak mau link cara masukin proposal buat magang di bnn dong kak🙏🏻🙏🏻

    BalasHapus
  19. Hallo kak, saya mau tanyaaa.apakah bisa magang Kalau untuk anak akuntansi D3 disana? Dan saya kebetulan sudah mengirim proposal ke BNN, dan mereka minta dipaparkan , kebetulan teman teman saya juga diterima disana, apa setelah paparan akan disaring lagi orang²nyaaa? Makasih

    BalasHapus
  20. Halo kak, saya Lia mahasiswi matematika semester 4. Saya udah kepikiran mau magang di BNN, cuman bingung mau magang di bagian apa. Bisa kasih saran nggk kak?? Heheh 😁

    BalasHapus
  21. Halo kaa aku dari jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga emng blm banyak yg tau dan emng hanya beberapa kampus yg ada prodi ini.. kalao misalkan saya pkl disana apakah bisa ya ka kalo saya magang disana ?

    BalasHapus