Hidup adalah..

"Pesan yang akan Papa sampaikan adalah sebuah pesan biasa yang kamu pasti juga akan dapat ketika kamu membaca buku-bukumu itu. Hidup adalah sebuah perjuangan, Nak. Maka jangan menyerah hanya karena kamu jatuh dan berada dibawah. Tapi tetep berusaha sebaik mungkin, maka kamu tidak akan sia-sia dan akan hidup jauh lebih baik dari yang telah Papa capai sekarang." - Poedji Santoso

Senin, 29 September 2014

Tes Prestasi? Pentingkah?



A : Mei, hari Minggu jalan yuk!
M : Aduuhhh, maaf yaaahh gue gak bisa nihhh. Maaf banget. Senin besok gue kuis. Jadi hari Minggunya mau gue pake buat review bahan ajar.
A : ha? Kuis? Emangnya kuis apaan?
M : Kuis Psikologi Umum. Next time yah kita hangout nya. Sowryyy huhuhuft.
A : Awkey, janji yah.
M : Insha Allah :)
----00-----
Pernah mengalami hal yang seperti itu? Disaat teman mengajak untuk bermain tetapi tidak bisa ikut sama mereka lantaran harus belajar atau review bahan untuk ujian atau sekedar kuis? Pasti pernah. Itu hal yang lumrah dialami oleh Mahasiswa. Tapi pertanyaan pentingnya adalah bukan itu.. pertanyaan yang penting sekarang adalah “Memang harus ada ujian, UTS, UAS atau kuis? Kan sudah pusing sama kuliah dan tugas-tugas seabrek, stres karena deadlinenya mepet,  terus macet kalo kekampus, dimarahin dosen kalo telat, ini ditambah lagi harus kuis dan ujian zzzzz….”. Nah! Sekarang saatnya kita harus tahu apa pentingnya kuis dan ujian itu. Check this out!
 
Kuis dan Ujian, baik Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester apalagi Ujian Nasional adalah sebuah Tes Prestasi. Apasih Tes Prestasi itu?

Pertama-tama harus tahu dulu apa itu definisi tes. Tes adalah suatu pertanyaan, tugas, atau seperangkat tugas yang direncanakan untuk memperoleh informasi tentang atribut pendidikan atau psikologik tertentu. Setiap butir pertanyaan atau tugas tersebut mempunyai jawaban atau ketentuan yang dianggap benar, dan bila tidak memenuhi ketentuan tersebut, maka jawaban anda dianggap salah. Ini kata Zainul dan Mulyana (2003:1.3-1.4). Kalau menurut tokoh, Allen Phillips (1979), Tes biasanya diartikan sebagai alat atau instrumen dari pengukuran yang digunakan untuk memperoleh data tentang suatu karakteristik atau ciri yang spesifik dari individu atau kelompok.

Selanjutnya definisi tes prestasi. Tes prestasi adalah sebuah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang setelah menjalani proses pembelajaran. Biasanya yang memberikan tes prestasi ini guru, dosen atau instansi pendidikan. Pentingnya tes ini  untuk mengira-ngira seberapa jauh siswa mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu bagi pihak instansi pendidikan menjadi dasar umpan balik bagi perbaikan belajar dan mengajar dikemudian hari. Untuk siswa dan orang tua siswa atau mahasiswa yang mengikuti ujian bisa mengetahui seberapa paham dan menempelnya pelajaran yang didapat dari guru atau dosen.

Menurut Supranata (2005:47), Jenis dan Tujuan Tes dibagi menjadi 4 bagian, yaitu :
  • Tes Penempatan, yaitu pengukuran kemampuan sebagai syarat masuk program atau unit tertentu
  • Tes Formatif, yaitu sebagai sarana untuk memperbaiki program pembelajaran yang telah dilakukan
  • Tes Diagnotik, yaitu sebagai sarana memperbaiki kesulitan belajar yang dialami oleh peserta tes, dan
  • Tes Sumatif, yaitu sebagai sarana masuk program atau unit tertentu misalnya ujian kenaikan kelas atau ujian nasional.
Seandainya kalau tidak ada tes prestasi kita tidak akan tahu seberapa jauh kita paham sama materi yang sudah disampaikan, apakah sudah mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, atau apakah dapat pengetahuan yang baru. Menurut saya, tes prestasi itu penting, bukan hanya  tentang hasil dari ujiannya yang berupa nilai, huruf atau keterangan baik-tidak baik dan lulus-tidak lulus, tapi memacu semangat siswa untuk belajar dan mengetahui dibagian manakah pelajaran yang memang lemah yang dikemudian hari sebaiknya diperbaiki agar lebih paham dan dimengerti lagi.

Banyak  memang yang mengeluhkan kalau belajar itu capek, pusing, tidak masuk ke otak dan lain-lain. Itu sebenarnya tergantung dari niat kita buat belajar itu. Apa tujuan kita untuk sekolah, kuliah, dan belajar. Untuk orang tuakah? Supaya tidak dimarahi? Supaya pintar? Cerdas? Bekal sukses? Atau ada hal-hal lainnya. Tujuan utama kita itu sebenarnya yang menjadi pemicu semangat belajar dan usaha kita untuk berhasil dalam tes prestasi belajar.

Jadi, kalau masih ada yang mengeluh kenapa harus ada ujian dan tes prestasi, tanya dulu kepada diri sendiri, buat apakah kita belajar? Jawaban dari pertanyaan itu akan menjelaskan semuanya.

SELAMAT BELAJAR DAN UJIAN. BEKERJALAH SENDIRI! 

1 komentar: